Selasa, 08 Januari 2013

Bioskop-bioskop Old Skool yang Masih Murah


Pengen nyoba pengalaman beda nonton bioskop? Bosen nggak, sih, ke bioskop yang ada di mal melulu? Biar nggak bosen, ayo cari suasana baru. Coba, deh, nonton di bioskop-bioskop ini. Nggak mau? Ya udah kalo nggak mau.
  1. Bioskop New Kusuma, Jember
Kalo mau cari pengalaman yang beda nonton di bioskop, nggak usah tanggung-tanggung. Cari yang letaknya jauh dari tempat tinggal kamu. Bisokop New Kusuma di Jember ini boleh dicoba. Asal kamu tau, ini adalah bioskop tertua di Jember. Cukup ngeluarin duit Rp10.000 kita bisa nonton film berkualitas dengan fasilitas yang nggak jauh beda sama bioskop yang biasa kita datengin. Ada kurangnya, sih. Menurut temen NYUNYU yang udah pernah nonton di sini, sound di bioskop ini kurang bagus. Suaranya cuma satu arah, nggak surround gitu, deh. Oh iya, unsure-unsur old skool di bioskop ini masih dipertahanin tapi nggak berkesan suram. Bolehlah dicoba buat pengalaman.

  1. Megaria, Jakarta
Menurut sejarah, waktu pertama kali berdiri bioskop ini namanya Bioscoop Metropool. Tapi pada taun 1960 Presiden Soekarno ngubah nama gedung ini jadi Megaria. Pada masa Orde baru namanya berubah jadi Megaria Theater, bertahan sampe 1989 karena diambil alih sama Cineplex 21 dan berubah jadi Metropole 21. Akhirnya sampe sekarang namanya dikenal dengan Metropole XXI. Tapi, sampe sekarang masih banyak orang yang lebih suka nyebut gedung ini dengan Bioskop Megaria. Gedung ini memiliki gaya arsitektur Art Deco. Sampe sekarang kondisi Megaria masih terawat. Walaupun beberapa kali megalami pemugaran ngilangin gaya arsitektur asli dari gedung ini. Di taun 1993, Gubernur DKI Jakarta menetapkan  Metropole XXI sebagai Bangunan Cagar Budaya Kelas A yang dilindungi.

Sebenernya masih mau nampilin beberapa bioskop lagi, tapi setelah dicari-cari NYUNYU nggak nemu lagi selain dua bioskop ini. Apa semua yang old skool-old skool udah nggak ada ya di dunia ini? Ada satu bisokop yang masuk kategori old skool menurut NYUNYU, namanya Bioskop Wijaya di daerah Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, tapi itu juga udah ditutup untuk umum. Gimana, dong? Ada yang bisa bantu NYUNYU nemu bioskop old skool yang masih berfungsi? Help! Ini beneran, lho. Ditunggu, ya, bantuannya. Terima kasih. Kwuk!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar